7 WISATA KULINER DI KOTA SEMARANG YANG WAJIB DIKUNJUNGI

Rabu, 24 April 2024

Blog 7 WISATA KULINER DI KOTA SEMARANG YANG WAJIB DIKUNJUNGI Cover Image

Kota Semarang sangat menarik untuk dikunjungi terutama untuk wisata kuliner. Dengan landscape kota semarang jaman dulu, lengkap apabila kita mencari kota dengan pilihan kuliner khas seperti bandeng dan lunpia

Mau tambah penghasilan? Mau punya duid, kerja dari rumah? Yuk, gabung menjadi Reseller resmi Marbel Junior sekarang juga!

Berikut 7 rekomendasi Tim Marbel Junior apabila keluar sedang berwisata di Semarang atau sedang keluar bersama keluarga dan ingin mendapatkan referensi makanan yang sedap. 

1. Roti GanjelRel

Roti gandjel rel ini mirip dengan roti gambang. Teksturnya padat dan agak alot. Dinamakan roti gandjel rel karena bentuknya yang mirip dengan bantalan rel kereta api. Roti ganjel rel merupakan sajian wajib dalam acara ‘dugderan’ atau pawai sebelum bulan puasa.

Pada hari biasa, Anda akan sedikit kesulitan menemukan roti ini di pasaran. Namun tak perlu khawatir, di pusat oleh-oleh Jalan Pandanaran, terdapat toko yang menyediakan roti ini untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. 

roti-ganjel-rel

2. Pecel Bu Sumo

Ini adalah pecel legendaris, karena sudah ada sejak 1965. Pecel Bu sumo atau Bu Sumodimejo sudah memiliki 4 cabang tersebar di Semarang dan 1 di Ungaran. Salah satu cabang yang paling ramai yaitu di jalan Kyai Saleh, Semarang. Disini tersedia nasi pecel lengkap dengan berbagai lauk, seperti limpa, paru, iso, ayam goreng, daging ati, telor ceplok, pepes, babat, lidah, dan bandeng.

Pecel bu sumo ada di Jl. Kyai Saleh, Mugassari, Semarang, buka dari  06.00 sampai 16.30 Kalau datang kesini siang hari, sering kali lauknya sudah habis.

pecel-bu-sumo

3. Mangut Manyun Bu Fat

Kenikmatan Mangut Kepala Manyung Bu Fat memang telah dikenal secara luas sebagai salah satu makanan Khas Semarang. Kini untuk lebih dekat kepada pelanggan, Mangut Kepala Manyung Bu Fat hadir di tengah kota tidak jauh dari Simpang Lima, tepatnya di Jalan Erlangga Timur No. 3 Semarang. Tentu sangat mudah dijangkau baik untuk masyarakat Semarang maupun wisatawan yang berkunjung ke kota ini.

mangut manyun bu Fat

4. Lunpia Cik Meme (Delight)

Lunpia Delight Semarang merupakan salah satu penjual lumpia yang menyajikan lumpia dengan cita rasa khas Semarang yang nikmat. Pendiri Lunpia Delight sendiri yaitu Cik Me Me yang merupakan salah satu keturunan dari pelopor lumpia pertama di semarang. Toko Lunpia Delight ini berlokasi pada tengah kota jalan Gajah Mada Semarang Tengah sebelah toko Istana Buah. Lokasinya yang berada pada tengah kota dan cita rasa khas lumpia yang diberikan menjadi salah satu alasan mengapa lunpia delight ini selalu ramai.

Lunpia Cik Meme Delight

5. Gulai Kambing Bustaman

Gulai kambing di tempat ini memang spesial. Jika kebanyakan gulai kambing dimasak dengan santan untuk mendapatkan kuah yang kental, Gulai Kambing Bustaman Pak sabar justru tidak menggunakan santan. Kelapa yang seharusnya dijadikan santan justru diparut, disangrai sampai kering dan ditumbuk hingga halus, kemudian dicampurkan dengan bumbu lainnya. Hasilnya sungguh luar biasa. Anda tidak akan mendapatkan kuah kental penuh lemak, melainkan kuah bening segar yang begitu lezat.

Tempat makan ini buka setiap hari, mulai dari jam 8 pagi hingga jam 4 sore. Biasanya, puncak kedatangan pengunjung ada saat jam makan siang. Alamat Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar: di belakang Gereja Blenduk, kawasan Kota Tua, Semarang.

Gulai Kambing Bustaman

6. Es Conglik

Tak lengkap ke Semarang sebelum mencoba es conglik. Anda bisa mencicipinya di daerah Simpang Lima, lebih tepatnya di Jl. KH.Ahmad Dahlan A No. 11, Semarang Tengah, Kota Semarang. Es conglik memiliki sepuluh citra rasa yang segar dan dijamin tanpa bahan pengawet. Beberapa rasanya adalah coklat, sirsak, kopyor, leci, kelengkeng, belewah, kacang ijo, durian, dan alpukat. Seporsinya, es ini seharga Rp 10 ribu. Benar-benar pelepas dahaga!

Es Conglik

7. Bandeng Juwana

Bandeng Juwana Elrina adalah sebuah pusat oleh-oleh di kota Semarang yang tidak hanya menjual makanan oleh-oleh khas Semarang seperti Bandeng Duri Lunak, Wingko, Moaci dan Lunpia tetapi kami juga menyediakan aneka macam makanan oleh-oleh khas Jawa Tengah seperti Enting-Enting Gepuk, Tahu Bakso, Bakpia dan masih banyak lagi.

Produk andalan Bandeng Juwana Elrina yaitu Bandeng Duri Lunak diproses dari Bandeng segar pilihan sehingga menghasilkan suatu produk yang berkualitas. Bandeng juga kami olah menjadi aneka sajian Bandeng yang tak kalah lezatnya seperti Otak-otak Bandeng, Bandeng Asap, Bandeng Goreng Telur, Bandeng Teriyaki dan masih banyak berbagai pilihan sesuai selera.

Bandeng Juwana

Itulah 7 rekomendasi apabila ingin berkuliner di kota Semarang. Semoga bermanfaat ya! Selamat berwisata dan mendapatkan waktu berkualitas bersama keluarga.

Mau tambah penghasilan? Mau punya duid, kerja dari rumah? Yuk, gabung menjadi Reseller resmi Marbel Junior sekarang juga!


RESELLER

Mau tambah penghasilan? Mau punya duid, kerja dari rumah? Yuk, gabung menjadi Reseller resmi Marbel Junior sekarang juga!

Blog Terbaru

Tips Belanja Singkat Ala Emak