Manfaat Teknologi dan Mencegah Kecanduan Gadget pada Anak

Kamis, 14 November 2019

Blog Manfaat Teknologi dan Mencegah Kecanduan Gadget pada Anak Cover Image

Gadget merupakan benda yang lazim digunakan saat ini, begitu pula oleh anak-anak. Namun bagaimana dengan dampak buruk dari gadget kepada anak? Tim Marbel Junior akan memberikan tips memberikan gadget yang baik untuk anak.

Mau tambah penghasilan? Mau punya duid, kerja dari rumah? Yuk, gabung menjadi Reseller resmi Marbel Junior sekarang juga!

Manfaat gadget dan internet bagi anak-anak

Gadget dan anak, banyak orang tua yang khawatir dengan kedua hal tersebut. Namun Moms, bagaimanapun kemajuan teknologi tidak bisa dibendung, yang bisa kit alakukan sekarang adalah mengawasi dan memberikan pengertian kepada anak kita untuk menggunakan gadget secara bijak dan positif. Meskipun banyak pro dan kontra tentang penggunaan gadget untuk anak-anak, namun sebenarnya ada pula dampak positif dari menggunakan gadget lho Moms, simak ulasan dati Tim Marbel Junior berikut ini.

Meningkatkan motivasi dan minat belajar

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa saat ini penggunaan gadcet tidak hanya berdampak negatif bagi anak-anak, namun ada juga dampak positif yang akan didapatkan. Salah satunya adalah dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar pada anak. Mengapa demikian? 

Menggunakan gadget saat ini tidak hanya untuk kebutuhan hiburan semata namun juga dapat digunakan untuk belajar, khususnya untuk anak-anak. Metode belajar dari buku secara konvensional mungkin dianggap kurang menarik untuk anak-anak jaman sekarang, terlebih lagi metode belajar yang semakin berkembang, seperti adanya animasi, game, AR VR dan masih banyak lagi yang sebenarnya sebagai perangkatnya adalah menggunakan gadget.

Dengan banyaknya metode belajar baru tersebut tentunya akan semakin menambah motivasi dan minat belaja anak. Perkembangan media belajar yang disesuaikan dengan kemajuan jaman dan teknologi bisa selaras dengan kehidupan anak-anak saat iniyang memang sudah merasakan perubahan teknologi tersebut.

Gambar : Gadget juga bisa meningkatkan motivasi dan minat belajar pada anak

Aplikasi edukatif

Masih berhubungan dengan poin yang pertama, penggunaan gadget tentunya akan memberikan banyak manfaat terutama untuk fitu-fitur yang ada dalam gadget tersebut. Salah satunya yang dapat dimanfaatkan dari fitur gadget tersebut adalah adanya aplikasi edukatif yang dapat orangtua manfaatkan untuk membantu mendidik anak-anak.

Melalui gadget, orangtua dapat memilih ribuan aplikasi edukatif yang sesuai dan dapat diterapkan pada anaknya. Penggunaan gadget sebagai sarana belajar melalui aplikasi edukatif tersebut tentunya tetap harus dalam pengawasan orang tua. Bagaimanapun orangtua tetap sebagai pengawas utama dan yang bertanggung jawab atas putra-putrinya.

Melatih kemampuan bahasa

Manfaat lain dari penggunaan gadget adalah melatih kemampuan bahasa pada anak. Hal tersebut masih berhubungan dengan poin-poin sebelumnya, karena untuk beberapa aplikasi edukatif tersebut menggunakanbahasa asing. Dari beribu-ribu aplikasi tersebut tidak dari aplikasi terdapat versi bahasa Indonesia, beberapa masih menggunakan bahasa asli atau menggunakan bahasa Inggris.

 Anak yang terbiasa menggunakan aplikasi tersebut akan mulai terbiasa mendengarkan bahasa yang digunakan dalam aplikasi tersebut. Selain aplikasi, media streaming yang sering digunakan untuk melihat konten-konten edukatif juga kebanyakan menggunakan bahasa asing minimal menggunakan bahasa Inggris, sehingga anak jaman sekarang tentunya tidak akan kesulitan dalam mempelajari bahasa asing, bahkan ada yang secara otodidak mempelajarinya dari konten atau aplikasi yang sering ia gunakan.

Gambar : Melatih kemampuan bahasa pada anak


Baca juga artikel ini : Mengenalkan Budaya Nusantara Lewat Aplikasi


Tips aman menggunakan gadget untuk anak

Setelah mengetahui manfaat apa saja yang bisa didapatkan si kecil dari menggunakan gadget, selanjutnya Tim Marbel Junior akan menyampaikan tip agar aman saat menggunakan gadget pada anak-anak. Karena tugas sebagai orang tua untuk tetap menjaga agar anak-anak tetap aman termsuk  pada saat menggunakan gadget.

Tentukan durasi menggunakan gadget

Tips pertama yang dapat Moms terapkan adalah memberikan durasi dalam penggunaan gadget pada anak. Penggunaan gadget yangberlebihan pada anak tentu saja akan memberikan dampak yang tidak baik terhadap anak, bahkan dapat menyebabkan kecanduang terhadap anak. Untuk hal itu perlu adanya kontrol waktu dalam penggunaan gadget pada anak.

Berikan waktu sekitar 1 hingga 2 jam untuk anak menggunakan gadget durasi juga bisa di sesuaikan dengan usia anak, usia yang lebih muda akan mendapatkan durasi yang lebih sedikit dan bisa ditambah perlahan sesuai dengan usia anak namun masih dalam batasan tertentu. Durasi yang lama akan menyebabkan anak merasa kecanduan menggunakan gadget. Sedangkan diluar sana masih ada hal lainnya yang dapat dilakukan anak selain menggunakan gadget.

Gambar : Penggunaan gadget saat makan

Tentukan area menggunakan gadget

Selain menentukan durasi penggunaan gadget pada anak, Moms juga perlu menentukan di area mana saja anak boleh menggunakan gadget. Misalnya saja saat di ruang makan anak dilarang membawa gadget karena anak akan lebih fokus utnuk bermain dengan gadgetnya sehingga mengurangi fokus anak pada makanan.

Berikan tempat-tempat yang memang boleh menggunakan gadget dan tempat yang dilarang untuk menggunakannya. Moms harus lah tegas akan hal ini agar anak juga dapat lebih displin saat menggunakan gadget sehingga tidak akan mengganggu waktu makan atau waktu berkumpul lainnya.

Gunakan fitur "kontrol orangtua"

Selain memberikan batasan durasi dan area terhadap penggunaan gadget pada anak, orang tua juga harus lebih memahami fitur-fitur yang ada pada gadget anak. Saat ini semua gadget yang terbaru sudah memiliki fitur untuk kontrol orang tua. Fitur tersebut berfungsi utnuk melindungi anak dari kejahatan yang ada di internet.

Selain berfungsi sebagai pelindung dari kejahatan di internet, fitur kontrol orangtua juga dapat mengetahui laman mana saja yang pernah di kunjungi anak dan bahkan dapat mengetahui dengan siapa saja anak berinterasi di internet. Fitur ini juga berfungsi sebagai kontrol orang tua, untuk membatasi anak membuaka laman tertentu.

Gambar : Orang tua mengawasi penggunaan gadget pada anak

Berikan gadget dengan fitur yang sesuai kebutuhan anak

Selain memeahami fitur kontrol orang tua yang terdapat pada gadget, orang tua juga perlu untuk memberikan gadget yang sesuai dengan kebutuhan anak. Misalkan saja untuk anak balita atau anak pada sekolah dasar berikan gadget dengan fitur yang memang mereka butuhkan, untuk penggunaan sosial media pada usia ini sebenarnya belum terlalu dibutuhkan maka Moms bisa menghapus aplikasi sosial media dan hanya menyediakan aplikasi utama yang dibutuhkan anak.

Selain itu utnuk spesifikasi pada gadget cukup diberikan gagdet dengan spesifikasi standar tidak perlu memberikan gadget dengan spesifikasi tinggi, karen amalah akan berdampak buruk pada anak. Berikan gadget sesuai dengan kebutuhan anak dan sesuai dengan usianya.

Selalu lakukan cek berkala

Tips lain adalah dengan melakukan cek berkala pada gadget yang digunakan oleh anak. Meskipun Moms sudah menggunakan fitur kontrol orangtua, namun cek berkala secara langsung pada gagdet anak juga diperlukan. Hal tersebut dikarenakan ada beberapa hal yang tidak bisa di kontrol melalui fitur tersebut dan harus di cek secara langsung pada gadget anak.

Untuk itu Moms perlu melakukan cek berkala secara rutin, selain dapat mengontrol konten apa saja yang di saksikan oleh anak namun juga mencegah hal tidak diinginkan seperti ancaman kejahatan di internet. Selain itu buatlah akunmenggunakan email yang dapat Moms akses agar semua kegiatan yang terhubung di akun tersebut dapat terus Moms pantau.

Gambar : Mendampingi anak saat menggunakan gadget

Dampingi anak saat menggunakan gadget

Yang terakhir adalah dampingi anak Anda saat menggunakan gadget secara langsung. Hal ini sangatlah penting karena kita dapat mengawasi si kecil secara langsung dan bisa langsung mengetahui konten apa saja yang si kecil akses saat itu. Bahkan Moms dapat mencegah adanya iklan berbahaya pada aplikasi yang belum seharusnya diketahui oleh si kecil.

Dengan begitu si kecil dapat menggunakan gadget dengan aman dan dapat menerima manfaatnya secara menyeluruh dibandingkan dengan dampak buruk yang mungkin dapat ditimbulkan dari penggunaan gadget.

Nah itu tadi bagaimana caranya untuk memilihkan gadget yang sesuai untuk si kecil sekaligus mencegah kecanduan untuk menggunakan gadget pada si kecil. Moms tidak perlu takut untuk memberikan gadget pada si kecil, dengan pengawasan dan kontrol yang tepat maka penggunaan gadget juga akan memberikan manfaat untuk si kecil. Pengawasan dan kontrol dari orang tua terhadap konten yang si kecil saksikan menjadi kunci dasar untuk kemajuan si kecil. 

 

 


Sumber : 

  • https://id.theasianparent.com/bijak-memilih-gadget-untuk-anak
  • https://www.liputan6.com/health/read/3045079/tips-agar-anak-aman-gunakan-gadget
  • https://inet.detik.com/tips-dan-trik/d-4604837/8-cara-agar-anak-tak-kecanduan-gadget-saat-tumbuh
  • https://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/parenting/15/05/13/noa015-manfaat-dan-kerugian-gadget-untuk-anak-usia-dini

Mau tambah penghasilan? Mau punya duid, kerja dari rumah? Yuk, gabung menjadi Reseller resmi Marbel Junior sekarang juga!


RESELLER

Mau tambah penghasilan? Mau punya duid, kerja dari rumah? Yuk, gabung menjadi Reseller resmi Marbel Junior sekarang juga!

Blog Terbaru

Tips Belanja Singkat Ala Emak