Berbagai Olahraga Anak yang Dapat Membantu Tumbuh Kembangnya

Kamis, 14 November 2019

Blog Berbagai Olahraga Anak yang Dapat Membantu Tumbuh Kembangnya Cover Image

Olahraga bukan hanya baik untuk orang dewasa namun juga baik untuk anak-anak. Salah satunya adalah olahraga bisa menjadi kunci tumbuh kembang untuk anak-anak. Marbel Junior telah merangkum olahraga apa saja yang baik untuk tumbuh kembang anak.

Mau tambah penghasilan? Mau punya duid, kerja dari rumah? Yuk, gabung menjadi Reseller resmi Marbel Junior sekarang juga!

Moms, sudahkan Anda mengajak putra putri kalian utnuk berolahraga secara rajin dan sesuai dengan porsi dan kebutuhannya? Olahraga sangat baik lho Moms untuk tumbuh kembang si kecil. Terutama untuk masalah kesehatan dan motorik untuk si kecil.

Alasan dan Manfaat olahraga baik untuk tumbuh kembang anak

Membiasakan olahraga kepada anak sejak kecil tentunya tidak akan menyebabkan dampak buruk. Malah sebaliknya akan ada dampak baik dari mengajarkanakan utnuk membiasakan diri berolahraga sejak kecil.

Memaksimalkan kemampuan motorik dasar

 Membiasakan berolaharga sejak kecil terutama sejak balita, dimana anak-anak sudah menguasai kecakapan motorik dasar, seperti berjalan, berlari, dan melompat, meski belum sempurna. Sehubungan dengan itu, balita butuh berolahraga demi memaksimalkan keterampilan motorik dasar tersebut. Olahraga yang rutin dengan porsi yang cukup dan sesuai dapat mempengaruhi kemampuan motorik si kecil, sehingga si keil akan lebih cepat untuk berkembang.

Gambar : Anak hobi berolahraga

Tumbuh kembang maksimal

Olahraga berperan penting untuk tumbuh kembang anak khusunya lebugaran jasmaninya. Dengan berolahraga secara teratur, kebugaran jantung dan paru-paru anak akan terjaga, postur dan keseimbangan tubuh menjadi bagus, dan otot maupun tulangnya menjadi kuat.

Menghindari obesitas

Yang paling penting dengan berolahraga bisa menghidanri si kecil dari masalah obesitas. Karena kalori yang yang mereka terima dapat terbakar dengan sempurna melalui olehraga sehingga si kecil tidak akan mengalami maslaah obesitas.


Olahraga yang baik untuk anak

Jikamenyebutknolahraga tentunya kan banyak seklai olahraga yang bisa membuat badan menjadi bugar dansehat. Namun apakah semua olahraga cocok dan sesuai dengan kebutuhan si kecil? Beberapa olahraga yang Tim Marbel Junior kumpulkan saat ini merupakan olahraga yang baik untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan si kecil.

Berenang

Gambar : Berlatih berenang

Beranag merupakan salah satu olahraga air yang sering dilakukan oleh anak-anak. Selain bagus karena dengan gerakan berenang akan menunjang kemampuan motorik anak. Selain karena gerakan berenang yang memang menggerakkan seluruh anggota badan, berenang juga membakar kalori lebih banyak karena seluruh tubuh bergerak sehingga kalori yang dibakar menjadi maksimal.

Kentungan yang bisa didapatkan anal dengan melakukan olahraga renang diantaranya meningkatkan kebugaran kardiovaskular, terutama penderita asma, memperkuat otot, fleksibilitas, koordinasi, keseimbangan, kontrol berat badan. Selain itu untuk si kecil yang sedang dalam masa pertumbuhan sangat baik jika melakukan olahraga renang, terutama untuk menunjang postur tubuhnya.

Selain manfaat dari sisi jasmani yang didapatkan, ada juga manfaat untuk psikis anak yaitu anak menjadi lebih disiplin, perasaan bebas, penghargaan untuk diri sendiri atau perasaan untuk menghargai diri sendiri.

Lari

Gambar : Berlari dapat meningkatkan kebugaran anak

Lari merupakan salah satu olahraga dasar yang hampir semu anak pernah merasakannya. Bahkan saat pertama kali berjalan kemudian anak mempercepat jalan hingga berlari. Olahraga ini dapat diterapkan pada anak-anak karena untuk melatihnya pun tidak terlalu sulit karena anak sudah bisa berlari.

Dengan berolahraga lari anak akan mendapatkan keuntungan jasmani seperti kebugaran kardiovaskular, memperkuat otot kaki, fleksibilitas, koordinasi, keseimbangan, kontrol berat badan. Selain itu anak juga menjadi lincah dalam bergerak. Sedangkan dari segi psikis anak akan lebih menghargai diri, kesadaran pada lingkungan, perasaan bebas, memperkuat ikatan keluarga.

Sepak Bola

Gambar : Hobi bermain sepak bola sejak kecil

Olaharag sepak bola merupakan olahraga populer yang bahkansampai saat inibanyak disukai oleh orang dewasa sekalipun. Dengan bermain sepak bola, otot motorik anak akan bergerak sehingga menyebabkan anak menjadi lebih lincah dibandingkan dengan anak-anak lainnya yang tiodak bermain sepak bola.

Untuk keuntungan jasmani yang akan anak peroleh dari olahraga sepak bola adalah meningkatkan daya tahan kardiovaskular, memperkuat otot, fleksibilitas, koordinasi mata dan kaki, keseimbangan, kontrol berat badan dankelincahan. Anak yang bermain sepak bola juga akan lebih disiplin, dapat kerjasama dengan baik, penghargaan diri, memiliki jiwa kepemimpinan yang baik, serta rasa keadilan yang tinggi.

Basket

Gambar : Bermain bola basket

Sama halnya dengan sepak bola, basket jug amenjadi salah satu olahraga populer di dunia. Bahkan saaat di SMA pun olahraga ini menjadi olahraga kebanggaan. Pemain basket yangidentik dengan pemain yang bertubuh tinggi tentu akan membuat postur tubuh anak yang bermain basket lebih baik dan tinggi dibandingkan dengan anak lainnya yang tidak bermain basket.

Hal tersebut dikarenakan dalam permainan basket diperlukan lompatan dan loncatan untuk mebuat score sehingga pemain harus berlatih melompat dan dapat menyebabkan tinggi badan bertambah secar signifikan. Selain postur tubuh yang baikk, olahraga basket juga dapat menyebabkan daya tahan kardiovaskular, memperkuat otot, tertutama tangan dan kaki, fleksibilitas, koordinasi, mata dan tangan, keseimbangan, kontrol berat badan. Selain itu anak yang bermain basket akan lebih disiplin, dapat kerjasama dengan baik, penghargaan diri, memiliki jiwa kepemimpinan yang baik, serta rasa keadilan yang tinggi.

Bela Diri

Gambar : Berlatih beladiri

Bela diri bisa menjadi salah satu alternatif olahraga yang bisa kita arahkan untuk anak kita. Bela diri selain mengajarkan untuk membela diri juga baik untuk perkembangan psikis dan jasmani anak. 

Keuntungan anak dalam belajar bela diri adalah daya tahan kardiovaskular, memperkuat otot, fleksibilitas, koordinasi, keseimbangan, kontrol berat badan. Selain itu dampak psikis yang bakan berpengaruh adalah meningkatnya rasa sosial, integritas, dan disiplin.

Gimnastik

Gambar : Olahraga yang cocok untuk anak-anak

Olahraga gimnsatik merupakan salahsatu olahraga yang banyak dilakukan oleh anak-anak untuk meningkatkan kelaenturan badan serta kelincahan tubuhnya. Biasanya seorang penggiat gimnastik akan belajar dari usia yang masih sangat muda karena elastisitas badan masih sangat bagus.

Keuntungan yanga kan didapat anak jika berolahraga gimnastik adalah kebugaran kardiovaskular, memperkuat otot inti; core strength, fleksibilitas, koordinasi, keseimbangan, kontrol berat badan, memiliki postur tubuh yang baik, bidang yang lentur dan juga lincah. Untuk kemajuan psikis yang akan didapat anak adalah disiplin, perasaan bebas, penghargaan diri, perasaan bebas.


Kiat-kiat aman saat berolahraga untuk anak-anak

Apa saja yang harus diperhatikan saat anak Anda melakukan kegiatan berolahraga? Sebagai orang tua tentu saja kita harus selalu waspada dan selalu menjag aagar anak selalu aman saat berolahraga. Berikut ini adalah kita-kita aman untuk berolahraga bagi anak-anak.

Penggunaan pelindung

Gunakan pelindung yang sesuai dengan standar keselamatan. Apapun olahraga yang dilakukan, penggunaan pelindung diperlukan guna mencegah kecelakaan saat melakukan olahraga, baik itu olahraga air maupun darat.

Pengawasan Orang tua

meskipun anak sudah ahli dalam melakukan olahraga yang ia geluti namun roang tu atetap tidak boleh lengah saat mengawasi. Karena bisa saja saat lengah, anak mengalami kecelakaan saat berolahraga. Sehingga tetap memerlukan pengawasan penuh dari kedua orang tua.

Penggunaan Tabir surya

Olahraga di ruangan terbuka atau outdoor memerlukan penanganan khusus terutama bagi anak yang mempunyai kulit yang sensitif baik dengan sinar matahari maupun dengan serangga. Orang tau perlu memberikan tabir surya maupun obat anti serangga untuk mencegah kulit terbakar maupun alergi pada serangga.

Konsultasi Dokter

Sesekali pergilah berkonsultasi kepada dokter untuk menanyakan tentang olahraga yang sesui dengan kebutuhan si kecil. Moms bisa bertanya pada dokter untuk mengarahkan olahraga yang cocok sesuai dengan kondisi anak.


Sumber :

  • https://www.popmama.com/big-kid/6-9-years-old/maridjoen/jenis-olahraga-yang-baik-untuk-tumbuh-kembang-anak/full
  • http://www.malserpong.com/articles/4-jenis-olahraga-yang-baik-untuk-tumbuh-kembang-anak
  • https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20190204103758-255-366210/pilihan-jenis-olahraga-terbaik-sesuai-usia
  • https://www.sahabatnestle.co.id/content/gaya-hidup-sehat/inspirasi-kesehatan/balita-juga-perlu-olahraga.html

Mau tambah penghasilan? Mau punya duid, kerja dari rumah? Yuk, gabung menjadi Reseller resmi Marbel Junior sekarang juga!


RESELLER

Mau tambah penghasilan? Mau punya duid, kerja dari rumah? Yuk, gabung menjadi Reseller resmi Marbel Junior sekarang juga!

Blog Terbaru

Tips Belanja Singkat Ala Emak