MENGENALKAN BUDAYA NUSANTARA LEWAT APLIKASI

Jumat, 19 April 2024

Blog MENGENALKAN BUDAYA NUSANTARA LEWAT APLIKASI Cover Image

Budaya nusantara memiliki banyak sekali keragaman dengan setiap nilai luhur yang diwariskan bersamanya. Maka, penting kita mengenalkan warisan luhur tersebut ke buah hati kita.

Mau tambah penghasilan? Mau punya duid, kerja dari rumah? Yuk, gabung menjadi Reseller resmi Marbel Junior sekarang juga!

Budaya nusantara memiliki banyak sekali keragaman dengan setiap nilai luhur yang diwariskan bersamanya. Maka, penting kita mengenalkan warisan luhur tersebut ke buah hati kita. Mengenalkan budaya nusantara kepada buah hati kita bisa melalui buku, pergi ke museum, dengan menonton acara TV maupun Youtube yang membahas tentang budaya nusantara. Jika mengenalkan budaya nusantara kepada buah kita melalui buku ataupun acara TV sudah sudah biasa ya Moms. Cobalah mengenalkan budaya nusantara kita melalui sebuah aplikasi. Memang tidak dipungkiri di jaman yang serba modern ini buah hati kita lebih sering menghabiskan waktunya untuk bermain dengan gadget ya Moms. Untuk itu agar anak bisa lebih mudah dan mau karena terbiasa menggunakan gadget, Moms bisa coba menggunakan aplikasi sebagai media untuk mengenalkan budaya nusantara kepada buah hati kita. Jadi, apa sih manfaat atau kelebihan jika kita mengenalkan budaya nusantara kepada anak melalui aplikasi? Simak penjabarannya di bawah ini.

Anak sudah terbiasa dengan gadget

Jika kita ingin mengenalkan sesuatu kepada buah hati kita tentang nilai-nilai budaya, jenis kebudayaan, keberaneka ragaman budaya atau hal lainnya, kita bisa coba mencari alternatif media yang anak sukai. Saat ini dari studi Einstein Medical Center Philadelphia, Amerika serika, mengungkapkan bahwa lebih dari 34 persen balita berumur 4 sudah kecanduan gadget. Kecanduan gadget memang tidak baik, namun untuk mengurangi dampak buruk dari kecanduan gadget tersebut kita bisa coba mengarahkan apa yang mereka akses dengan konten atau sesuatu hal yang membangun, misalnya dengan mengenalkan budaya nusantara kita kepada buah hati. Namun perlu diingat jangan biarkan buah hati kita bermain gadget terlalu lama ya Moms. Batasi waktu memainkan gadget mereka, karena sesuatu yang berlebihan juga tidak baik. Batasi penggunaan gadget pada buah hati kita maksimal 1-2 jam sehari, dengan batasan usia tertentu.

Sumber : http://www.dsw-online.org/the-best-mom-gadgets-to-keep-your-kids-safe/

Biaya lebih murah

Tidak bisa dipungkiri saat ini untuk pergi untuk agenda berlibur di museum ataupun tempat bersejarah tidak membutuhkan biaya yang sedikit ya Moms. Sesekali ataupun dua kali tentu tidak masalah ya Moms, agar buah hati kita juga mempunyai pengalaman langsung ke tempat wisata bersejarah. Namun jika di perhatikan ada banyak sekali pulau yang membentang dari Sabang sampai Merauke dan budaya yang beragam di negara kita, maka untuk mengunjungi satu persatu tempat-tempat tersebut tidak lah membutuhkan biaya yang sedikit. Memang ada lokasi wisata yang menmapilkan kebudayaan negeri kita namun tempatnya ada di kota-kota besar. Bagi sebagian orangtua di daerah lebih memilih untuk mengenalkan keberagaman budaya nusantara tersebut lewat buku ataupun TV, karena biayanya lebih hemat. Namun alternatif lain yang lebih hemat dengan konten yang lebih lengkap bisa kalian dapatkan jika kalian mengenalkan budaya nusantara lewat apliaksi lho Moms. Selain lebih hemat dalam biaya, konten yang diberikan juga lengkap hanya dalam satu aplikasi semua kebudayaan dari Sabang sampai Merauke sudah bisa kit akses, ditambah dengan gambar dan animasi yang menarik pula.

Sumber : http://www.parenting.co.id/dunia-mama/hidup-hemat-dalam-20-menit

Menghemat waktu dan efisien

Seperti yang kita ketahui saat ini, urusan waktu adalah sangat penting ya Moms. Apalagi jika kit atinggal di kota-kota besar dan bekaerja diperusahaan dengan jam terbang tinggi, tentunya waktu merupakan hal yang penting. Bekerja memeng penting ya Moms, namun pendidikan moral akan nilai-nilai budaya dan pertumbuhan karakter anak juga penting. Untuk menunjang pendidikan dan pertumbuhan karakter buah hati kita juga penting ya Moms. Namun, saat jam terbang pekerjaan sedang tinggi tidak mungkin kita tinggalkan dalam waktu yang lama, padahal kita masih harus bertanggung jawab terhadap pendidikan moral buah hati kita. Keinginan untuk membawa buah hati kita untuk pergi berlibur atau berwisata ke museum saja sudah tidak sempat, namun sesekali luangkanlah waktu untuk pergi berwisata bersamanya ya Moms karena hal tersebut tetap penting untuk pengalamannya. Kalian bisa gunakan media lain untuk tetap mengenalkan nilai-nilai budaya dan menegnalkan kebudayaan nusantara kita kepada buah hati dengan menggunakan aplikasi, dengan menggunakan aplikasi kita bisa lebih menghemat dan efisien. Kita masih bisa bekerja dan anak kita tetap mendapatkan penegtahuan tentang kebudayaan nusantara.Namun perlu diingat, pilihlah aplikasi yang memang sudah terpercaya sumbernya ya Moms, cari aplikasi dengan konten iklan yang tidak menagandung unsur SARA maupun pornografi.

Sumber : http://www.parenting.co.id/usia-sekolah/jam-sekolah-anak

Kita bisa dengan mudah mengawasi buah hati kita

Perlu digaris bawahi, dalam menggunakan aplikasi sebagai media pengenalan kebudayaan nusantara kepada buah hati kita, selalu pastikan Moms selalu mengecek konten yang ada dalam aplikasi tersebut. Pilih aplikasi yang sudah terpercaya dengan baik isi kontennya maupun iklan yang ditampilkan memang ramah untuk buah hati kita. Jika buah hati kita masih terlalu kecil batasi penggunaan internetnya, kita bisa mengarahkan isi konten aplikasi tersebut. Dengan demikian kita bisa mengenalkan budaya nusantara pada buah hati kita dengan tenang dan nyaman. Dengan menggunakan aplikasi kita bisa dengan mudah mengawasi buah hati kita. Kita bisa mengarahkan apa saja yang buah hati kita akses dalam gadgetnya. Selalu ingat ya Moms, selalu batasi penggunaan gadget pada buah hati kita maksimal 1-2 jam sehari, dengan batasan usia tertentu. Agar kesehatan mata buah hati kita tetap terjaga.

Sumber : https://manuelgross.blogspot.com/2017/12/desarrollo-personal-8-reflexiones-para.html

Jadi itu ya Moms kenapa kita mengenalkan kebudayaan nusantara lewat aplikasi, melalui aplikasi diharapkan anak akan lebih tertarik untuk mengenalnya, karena anak sudah terbiasa menggunakan gadget diharapkan akan efektif dalam menegnal kebudayaan nusantara. Mommy bisa baca tentang aplikasi pengenalan Budaya Nusantara dari Educa studio. Atau Mommy bisa langsung coba download aplikasinya di Marbel Budaya Nusantara. Ayo kenalkan budaya nusantara kepada buah hati kita, jangan sampai mereka tidak mengetahui kebudayaanya sendiri.

 


 

Baca artikel menarik lainnya :

 

Sumber gambar :

Mau tambah penghasilan? Mau punya duid, kerja dari rumah? Yuk, gabung menjadi Reseller resmi Marbel Junior sekarang juga!


RESELLER

Mau tambah penghasilan? Mau punya duid, kerja dari rumah? Yuk, gabung menjadi Reseller resmi Marbel Junior sekarang juga!

Blog Terbaru

Tips Belanja Singkat Ala Emak