PENTINGNYA MENGAJARKAN PENGELOLAAN KEUANGAN KEPADA ANAK-ANAK SEJAK DINI

Selasa, 15 Oktober 2019

Blog PENTINGNYA MENGAJARKAN PENGELOLAAN KEUANGAN KEPADA ANAK-ANAK SEJAK DINI Cover Image

Pengelolaan keuangan belum masuk di dalam pendidikan formal, padahal sangatlah penting.

Mau tambah penghasilan? Mau punya duid, kerja dari rumah? Yuk, gabung menjadi Reseller resmi Marbel Junior sekarang juga!

Pengelolaan keuangan belum masuk di dalam pendidikan formal, padahal sangatlah penting. Sejak kecil anak-anak perlu diajarkan untuk mengelola uang dengan baik. Apalagi sekarang ini hidup konsumtif sudah seperti hal yang sudah biasa ya Moms. Seperti membeli barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu penting untuk digunakan. Kemudian menghabiskan uang hanya untuk makanan dan bersenang-senang yang dilakukan secara berlebihan. Sehingga anak perlu diajarkan untuk mengelola uang sejak dini. Selain alasan tersebut ada lagi hal lain yang membuat mengajarkan pengelolaan uang kepada anak sejak dini itu penting. Yuk simak alasannya di bawah ini Moms

Mengajarkan anak untuk tidak boros

Salah satu alasan untuk mengajarkan pengelolaan uang kepada anak adalah agar anak tidak boros. Uang saku bulanan yang telah diberikan kepada anak bisa digunakan dengan bijak, yaitu dengan mengajarkan pengelolaan uang. Uang di berikan memang untuk keperluan si anak, seperti membeli makanan yang ia inginkan, membeli mainan, untuk menabung, atau untuk biaya transportasi ke sekolah. Agar anak tidak menghabiskan seluruh uang sakunya untuk hal-hal yang kurang penting, kita sebagai orang tua wajib mengarahkan dan memberitahu anak kita untuk mengelola uangnya sesuai dengan prioritas kebutuhan. Seperti jumlah uang untuk membeli makanan atau adalah sekian dari jumlah uang sakunya, biaya transport sekian dan untuk membeli mainan sekian, sehingga anak akan terbiasa mengelola uang yang ia punya dan tidak boros. Jika ia menginginkan untuk membeli sesuatu namun uang yang ia miliki kurang ia bisa menabung sedikit dari uang sakunya.

Sumber : https://www.secureteen.com/uploads/2014/02/spoil.jpg

Mengajarkan anak untuk hidup sederhana

Sebagai orang tua, kita juga perlu mengajarkan anak untuk hidup secara sederhana. Tidak perlu menunjukkan berapa banyak uang yang dimiliki. Dengan hidup sederhana anak juga akan menghabiskan uangnya secara bijak, tidak menghabiskan uangnya untuk membeli barang-barang yang kurang berguna. Dengan mengajarkan untuk hidup sederhana juga kita juga mengajarkan anak untuk bersyukur dengan kehidupannya. Bersyukur dengan semua yang sudah mereka miliki dan akan menggunakannya sebaik-baiknya. Begitupun dengan kita sebagai orang tua juga tidak perlu menuruti semua keinginan anak-anak kita. Biarkanlah mereka berusaha mendapatkan apa yang mereka inginkan, karena sesuatu yang didapatkan dengan mudah maka juga akan hilang dengan mudah dan tidak berkesan pada mereka. Hidup sederhana juga akan berdampak pada pembentukan psikis anak, anak akan menjadi lebih bijak dan memilik kepribadian yang baik dan peduli terhadap orang lain.

Sumber : https://keycdn.debt.com/wp-content/uploads/2015/07/kid-parent-image-1.jpg

Menabung untuk keperluan mendadak dan masa depan itu penting

Mengajarkan anak untuk mengelola uang salah satunya adalah dengan menabung. Ajarilah anak untuk menyisihkan sebagian uangnya untuk ditabung. Bisa dengan menggunakan tantangan atau hadiah seperti, jika mereka mau menyisihkan uangnya maka saat akhir tahun uang tersebut akan digunakan untuk pergi berlibur atau bisa dengan membelikan mereka mainan jika mereka bisa menyisihkan dalam rentang waktu tertentu. Ajarkan juga, jika menabung juga bermanfat di saat-saat darurat seperti saat tiba-tiba saja pensil mereka hilang atau buku mereka habis dan harus membelinya saat itu juga atau saat mereka pergi kesekolah dengan menaiki sepeda namun tiba-tiba ban sepeda mereka bocor, dengan menyisakan uang atau mengalokasikan uang untuk keadaan darurat anak sudah belajar untuk mengelola keuangannya. Anak pun akan terbiasa menyisihkan sebagian uangnya karena sudah terbiasa sedari kecil mereka di didik untuk menyisihkan sebagian uangnya.

Sumber : http://www.multiplemayhemmamma.com/wp-content/uploads/2011/06/kids-and-money-photo.jpg.jpeg

Sejak kecil harus diajarkan tanggung jawab

Salah satu manfaat yang terpenting adalah anak belajar tanggung jawab. Mereka belajar untuk mengelola keuangannya sendiri, mengatur kebutuhan mereka dari yang terpenting hingga yang kurang penting. Hal tersebut dapat membuat anak berpikir kritis, karena mereka biasa merencanakan dan me-manage kebutuhan-kebutuhan mereka dengan banyaknya uang yang mereka punya. Sebagai orang tua kita juga sekali perlu bertindak tegas dengan anak kita, semisal kita sudah memberikan uang saku kepada anak kita dalam sebulan dan sudah menjelaskan uang tersebut adalah uang sakunya selama sebulan maka jika uang saku yang mereka terima habis sebelum satu bulan maka kita juga jangan langsung memberinya uang tambahan. Kita bisa tanyakan terlebih dahulu mereka gunakan untuk apa saja uang saku mereka, jika memang untuk sesuatu yang bersifat darurat bisa di maklumi namun jika habis hanya sekedar untuk jajan atau membeli makanan, kita juga harus bertindak tegas. Jangan beri mereka uang tambahan sebanyak uang saku mereka, hal itu untuk memuat mereka jera dan untuk mengajarkan tanggung jawab kepada mereka.

Sumber : https://www.smartaboutmoney.org/portals/0/Images/Topics/Family-and-Finances/Kids-and-Money/Teach-Kids-the-Value-of-Money.JPG

Dari hal-hal diatas bisa dilihat kita memang perlu mnegajarkan kepada anak-anak kita untuk mengelola keuangan mereka. Dengan mereka bisa mengelola keuangan mereka maka akan berdampak juga untuk terbentuknya kepribadian mereka. Maka mulai dari sekarang marilah kita untuk mengajari anak-anak kita untuk mengelola keuangan mereka dengan baik. Untuk membentuk kepribadian anak kita bisa mulai dari hal-hal kecil ya Moms.

 


 

Yuk Moms lihat artikel manarik lainnya untuk si kecil kesayangan kita

 

Sumber gambar :

 

 

Mau tambah penghasilan? Mau punya duid, kerja dari rumah? Yuk, gabung menjadi Reseller resmi Marbel Junior sekarang juga!


RESELLER

Mau tambah penghasilan? Mau punya duid, kerja dari rumah? Yuk, gabung menjadi Reseller resmi Marbel Junior sekarang juga!

Blog Terbaru

Tips Belanja Singkat Ala Emak