MENGAPA SEBAIKNYA ANAK-ANAK BELAJAR MUSIK SEJAK DINI?

Senin, 18 Maret 2024

Blog MENGAPA SEBAIKNYA ANAK-ANAK BELAJAR MUSIK SEJAK DINI? Cover Image

Bermain musik katanya dapat meningkatkan berbagai hal ketika dimainkan oleh anak-anak. Nah, artikel ini tim Marbel Junior mencoba untuk memberikan informasi yang lebih lengkap kepada Mom pentingnya belajar musik sejak dini.

Mau tambah penghasilan? Mau punya duid, kerja dari rumah? Yuk, gabung menjadi Reseller resmi Marbel Junior sekarang juga!

Tidak hanya menghibur anak ketika sedang rewel atau pun bosan, faktanya bermain musik dapat meningkatkan berbagai hal ketika dimainkan oleh anak-anak. Nah, artikel ini tim Marbel Junior mencoba untuk memberikan informasi yang lebih lengkap kepada Mom pentingnya belajar musik sejak dini. Yuk simak manfaat anak bermain musik sejak dini di artikel berikut ini.

Meningkatkan daya ingat anak

Kegiatan bermain musik membantu anak dalam meningkatkan daya ingat mereka. Mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan saat anak mendengar sebuah melodi dia akan berusaha mengingatnya. Jika melodi itu diputar berkali-kali maka anak itu akan mengahafal melodi tersebut. bahkan mereka bisa mengingatnya sampai dewasa. Anak yang biasa bermain musik atau hanya sekedar memainkan sesuatu untuk menghasilkan suatu melodi biasanya memiliki daya ingat dan kemampuan kognitif yang lebih dibandingkan anak yang tidak menyukai musik. Dengan melatih anak bermain musik sejak dini maka akan menyeimbangkan otak kanan dan kirinya, sehingga anak akan mempunyai daya ingat yang lebih baik dan anak juga memiliki konsentrasi yang baik pula.

sumber : https://organicshop.in/organic-insights/organically-increasing-brain-memory-power-growing-kids/

Melatih pendengaran anak

Anak yang bermain musik biasanya lebih peka pendengarannya karena terbiasa mendengarkan suara-suara musik. Saat anak bermain musik biasanya mereka akan mendengarkan melodi-melodi yang keluar dari alat musik yang mereka mainkan dan berusaha mengingat melodi tersebut. Atau saat mereka mendengarkan sebuah musik maka mereka akan mendengarkannya dan akan mengulanginya saat mereka memainkan perlatan musik. Saat mendengarkan musik itulah pendengaran anak menjadi lebih tajam karena terbiasa mendengar suara atau melodi yang berbeda-beda. 

Sumber : https://kidzmusic.com/10-ways-to-make-music-with-your-kids/

Meningkatkan perbendaharaan kata anak

Musik yang sering didengar anak-anak biasanya akan mudah tertanam di benak mereka. Lagu yang biasa memiliki banyak perbendaharaan kata biasanya akan membuat anak mengenal kata-kata baru dari lagu tersebut. Dengan bermain alat musik dan mendengarkan musik anak akan semakin banyak mengenal banyak kosakata baru, sehingga perbendaharaan kata mereka semakin bertambah. Kosakata anak yang sering mendengarkan musik tidak terbatas pada kosakata sehari-hari yang diajarkan orang tua. Dari lagupun anak bisa belajar nama-nama hewan, buah, nama tempat, macam-macam pekerjaan dan masih banyak kosakata lainnya yang bisa didapat anak-anak dari mendengarkan musik.

Sumber : https://www.workingmother.com/family-melodies-benefits-hearing-and-playing-music

Melatih keterampilan fisik

Saat anak mencoba memainkan alat musik maka seluruh tubuhnya juga akan ikut aktif bergerak. Mulai dari memukul-mukul drum kecil, memencet tuts piano, ataupun saat memainkan alat musik perkusi, itu membuat tubuh anak ikut bergerak sehingga anak akan mendapatkan keterampilan fisik yang lebih. Misal anak yang suka memainkan alat musik drum maka dia akan terlihat lincah dan bersemangat dengan tangan yang lincah memukul-mukul drum dan menyelaraskannya dengan pukulan pada kaki. Anak yang bermain piano maka jari-jari tangannya anak lebih lincah dan mereka harus menggerakan kaki dan tangannya sesuai dengan harmoni musiknya.

Sumber : https://blog.wurrly.com/home/2017/12/20/10-songs-to-sing-with-your-kids-build-their-self-confidence-with-wurrly

Meningkatkan rasa percaya diri

Seorang anak yang bermain musik dan menyukai musik akan lebih percaya diri karena mereka akan terbiasa tampil didepan orang atau memainkan musik didepan orang-orang. Selain itu anak akan lebih percaya diri dengan menerima kritikan dari orang-orang terhadap permainan musiknya. Hal tersebut semakin lama akan membentuk karakter anak yang lebih percaya diri.

Jadi bermain musik memberikan banyak manfaat untuk anak-anak. Tidak sedikit orang tua yang mulai mengenalkan musik pada anak mereka sejak masih kecil karena mengenalkan musik pada anak sejak dini memang memiliki manfaat yang banyak untuk perkembangan anak. Jadi apalagi Moms, yuk mulai kenalkan musik pada anak sejak dini.

 


 

Baca artikel menarik lainnya:

 

Sumber gambar :

 

Mau tambah penghasilan? Mau punya duid, kerja dari rumah? Yuk, gabung menjadi Reseller resmi Marbel Junior sekarang juga!


RESELLER

Mau tambah penghasilan? Mau punya duid, kerja dari rumah? Yuk, gabung menjadi Reseller resmi Marbel Junior sekarang juga!

Blog Terbaru

Tips Belanja Singkat Ala Emak