Tips Menjaga Ikatan Antara Orang Tua dan Anak Untuk Perkembangan Karakternya

Kamis, 18 Juli 2019

Blog Tips Menjaga Ikatan Antara Orang Tua dan Anak Untuk Perkembangan Karakternya Cover Image

Moms, kita sering melakukan kegiatan bersama dengan si kecil atau malah jarang melakukannya dengan si kecil? Menjaga ikatan antara si kecil dengan kita itu penting ya Moms. Dengan menjaga ikatan antara si kecil dengan kita akan memberikan banyak manfaat untuk perkembangan emosional dan karakter si kecil. Ada banyak cara untuk menjaga ikatan antara kita dengan si kecil, simak tips berikut untuk menjaga ikatan antara kita dengan si kecil ya Moms.

Melakukan me time dengan si kecil

Salah satu cara untuk menjaga ikatan antara kita dengan si kecil adalah dengan cara melakukan kegiatan khusus atau me time dengan si kecil. Tidak perlu kegiatan me time dengan biaya yang besar, kita bisa melakukan kegiatan yang hemat namun khusus, mislanya beauty treatment atau bermain board game bersama keluarga, atau hanya berkumpul bersama sambil berbincang. Kegiatan-kegiatan khusus yang dilakukan bersama akan menambah ikatan antara orang tua dan si kecil karena si kecil akan terbiasa bersama dengan orang tuanya sehingga ikatan yang terjalin akan semakin kuat. Orang tua akan semakin mengenal si kecil begitu pula si kecil. Dengan kedekatan dan kepercayaan antara orang tua dan si kecil akan berakibat pada perkembangan si kecil. Si kecil akan meniru orang tua mereka, karena ikatannya yang kuat dan kekuatan emosional mereka yang tinggi membuat anak akan lebih banyak meniru perbuatan dan tingkah laku orang tua, karena mereka sering bersama sehingga ada saatnya si kecil banyak meniru tingkah laku orang tuanya. Sedangkan orang tua akan semakin mudah mengawasi dan mengerti si kecil, bagaimana ia bertindak dan bertingkah laku, sehingga orang tua akan memberikan arahan dan contoh perilaku dan perbuatan yang baik agar ditiru oleh si kecil. Karena disini orang tua memiliki peran yang sangat penting untuk perkembangan kepribadian si kecil sehingga ikatan diantara keduanya harus selalu terjaga agar orang tua dapat selalu mengawasi serta memantau anak-anak mereka.

Sumber : http://bwdisrupt.businessworld.in/article/Top-5-Startups-to-Strengthen-Parents-Children-Bond/27-11-2017-132939/

Membacakan dongeng kepada anak

Saat anak kesulitan tidur pada malam hari, orang tua sebaiknya mengantarnya ke kaamarnya dan menemaninya, lebih baik lagi jika orang tua mau membacakan dongeng untuk anak-anaknya. Membacakan dongeng untuk si kecil dapat memberikan kedekatan antara orang tua dan anak karena membacakan dongeng memerlukan penghayatan sehingga pesannya dapat tersampaikan pada anak. Saat mendengarkan dongeng, anak akan fokus karena merasa disayang dan diperhatikan oleh orang tua karena momen sebelum tidur merupakan momen yang berharga dan intim bagi orang tua dan anak. Sehingga jika menginginkan agar si kecil dan orang tua memiliki ikatan batin yang kuat kalian bisa mencoba dengan cara membacakan dongeng untuk mereka. Tidak hanya saat akan tidur, dongeng juga bisa dibacakan saat waktu luang. Orang tua meluangkan waktu bersama dengan si kecil kemudian membacakan dongeng untuknya. Jangan lupa menyisipkan pesan moral saat membacakan dongeng untuk mereka, karena dengan membacakan dongeng dapat membantu perkembangan anak, karena anak akan berimajinasi dalam dongeng tersebut, ikut hanyut dalam cerita, sehingga sisipkan pesan moral dan cerita yang baik untuk perkembangan karakternya agar anak meniru perbuatan atau perilaku baik tersebut.

Baca juga : Beauty Treatment Bersama Si Kecil? Mengapa tidak?

Mengerjakan pekerjaan rumah bersama

Sejak kecil perlu kita tanamkan pada si kecil untuk selalu membantu menyelesaikan pekerjaan rumah. Bagilah beberapa tanggung jawab pekerjaan rumah yang bisa dikerjakan si kecil. Misalnya mencuci piring bekas makannya, menyiram tanaman, atau melipat bajunya sendiri. Mulailah dari pekerjaan-pekerjaan mudah terlebih dahulu. hal tersebut akan membantu membentuk kepribadian dan kebiasaan si kecil. Membiasakan diri sejak kecil untuk selalu membantu pekerjaan rumah, rajin dan rapi terhadap barang-barangnya akan menjadi kebiasaan yang akan ia bawa hingga dewasa. Kemudian saat ada waktu luang ajaklah si kecil untuk mengerjakan pekerjaan rumah yang lebih berat, seperti menyapu atau mengepel lantai, atau membantu merawat tanaman di kebun jika mempunyai kebun. Mengerjakan pekerjaan rumah bersama akan memberikan sebuah ikatan diantara orang tua dan anak karena anak jug amerasa memiliki tanggung jawab pekerjaan yang sama dengan orang tuanya. Saat-saat inilah yang nantinya akan menjadi kenangan bagi si kecil jika ia dewasa nanti.

Sumber : https://www.parenting.com/parenting-advice/tips-tricks/research-shows-parent-child-craft-time-has-lifelong-benefits

Membantu si kecil mengerjakan PR 

Memperkuat ikatan diantara orang tua dan si kecil juga bisa dilakukan saat mengerjakan PR. Tidak hanya mengerjakan PR namun juga membantunya untuk beljar, mengulang pelajaran saat di sekolah. Namun sebagian besar orang tua zaman sekarang lebih memilih membiayai bimbel anaknya dibandingkan dengan membantu si kecil belajar, meski tidak semua orang tua seperti itu. Membiayai anak untuk bimbel memang perlu, namun lebih baik orang tua juga sesekali membantu anak belajar walau hanya sekedar mengerjakan PR saja. Padahal dengan membantunya belajar akan ada interaksi antara orang tua dan si kecil yang akan membuat menjadi lebih dekat, si kecil akan merasa lebih dekat dengan orang tuanya karena perhatian yang diberikan orang taunya saat membantunya belajar ataupun mengerjakan PR. Sehingga paling tidak sempatkanlah waktu untuk membantu si kecil mengerjakan PR, tetapi perlu diingat bantulah dia dibagian-bagian yang memang dia merasa sulit, agar anak juga lebih mandiri dan percaya diri denga kemampuannya.

Menjaga ikatan dengan si kecil itu penting ya Moms, hal tersebut dapat mempengaruhi perkembangan kepribadian dan emosional si kecil. Untuk itu kita sebagai orang tua wajib menjaga ikatan kita dengan si kecil, agar kita juga bisa memantau dan mengarahkan agar si kecil memiliki perkembangan karakter dan emosional yang baik.

 


Baca artikel menarik lainnya :

Sumber gambar :