Tips Menghadapi Musim Hujan Untuk Si Kecil

Senin, 14 Oktober 2019

Blog Tips Menghadapi Musim Hujan Untuk Si Kecil Cover Image

Pergantian musim ke musim hujan menyebabkan daya tahan tubuh melemah, tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun juga banyak terserang penyakit. Agar tidak mudah terserang penyakit ada baiknya kita melakukan pencegahan terlebih dahulu.

Mau tambah penghasilan? Mau punya duid, kerja dari rumah? Yuk, gabung menjadi Reseller resmi Marbel Junior sekarang juga!

Pergantian musim yang ekstrim

Moms beberapa saat lalu kita baru saja memasuki musim hujan. Pergantian dari musim kemarau ke musim penghujan ini terasa begitu ekstrim, dengan perbedaan suhu ekstrim yang bisa kita rasakan, seperti saat pagi terasa sangat dingin, pad siang hari pun juga kadang masih terasa dingin. Musim hujan sedang terjadi saat ini, hujan hampir turun setiap hari tanpa henti, sinar matahari seperti jarang menampakkan diri. Banyak sekali orang-orang yang terserang penyakit karena pergantian musim sehingga daya tahan tubuh melemah. Daya tahan tubuh yang melemah bisa disebabkan oleh pergantian suhu ekstrim dan tubuh kita sedang beradaptasi dengan suhu tersebut, kurangnya asupan vitamin juga bisa menjadi salah satu sebab tubuh mudah terserang penyakit disaat musim penghujan seperti ini.

Hampir disetiap rumah sakit dipenuhi oleh pasien yang rata-rata terserang penyakit seperti demam atau bahkan demam berdarah karena pergantian musim ini. Tidak hanya orang dewasa yang terserang penyakit dikala pergantian musim ini, anak-anak pun banyak yang terserang penyakit karena pergantian musim yang ekstrem ini. banyak sekali anak-anak yang menjadi pasien di rumah sakit karena melemahnya daya tahan tubuh mereka, sehingga mudah terserang penyakit di pergantian musim ini. Sebelum anak-anak kita terserang penyakit ada baiknya kita mencegahnya agar anak kita tidak terserang penyakit. Banyak cara dilakukan untuk menghadapi musim hujan agar tubuh anak tidak mudah terserang penyakit, sebagai berikut. 

Perbanyak minum air dan makanan yang bergizi

Menjaga kesehatan itu sangat penting terlebih saat musim hujan seperti ini. Anak-anak yang lebih rentang terkena penyakit harus benar-benar kita perhatikan kesehatannya. Moms dapat menjaga kesehatan anak-anak dengan memberinya makanan yang lebih bergizi dan perbanyak minum air. Jangan karena musim hujan kemudian membiarkan asupan air anak berkurang. Tetap jaga asupan air anak ya Moms, meskipun sudah musim hujan namun meminum air akan menghilangkan racun dalam tubuh. Sehingga memperbanyak minum air akan semakin banyak racun yang akan keluar melalui urine. Perbanyak makanan bergisi agar daya tahan tubuh tidak menurun.

Sumber : https://www.care2.com

Baca juga : Beauty Treatment Bersama Si Kecil? Mengapa tidak? 

Biasakan cuci tangan

Musim hujan banyak penyakit yang akan terbawa oleh aliran air maupun air hujan. Air yang menggenang juga akan dijadikan sarang oleh nyamuk sehingga akan menyebabkan banyak penyakit demam berdarah. Untuk itu sebagi orang tua, kita wajib mengajarkan kepada anak kita untuk selalu mencuci tangan sebelum makan atau setelah bermain diluar rumah. Menjaga kebersihan di rumah juga perlu dilakukan. Jika kita sudah mengajarkan anak untuk membiasakan mencuci tangan sebaiknya kita juga mengajarkan anak untuk menjaga kebersihan rumah. Menjaga kebersihan di rumah bisa dengan membuang sampah pada tempatnya, menutup tempat yang bisa menampung air yang tak terpakai, jangan biarkan tempat tergenang air, dan selalu pel lantai rumah setiap hari atau minimal seminggu sekali agar selalu bersih apalagi saat musim hujan seperti ini ya Moms.

Sumber : https://www.babydocclub.ie/washing-hands-teach/

Berikan Vitamin dan suplemen tambahan pada anak-anak

Selain memperbanyak minum dan makanan bergizi, kita juga wajib memberi vitamin dan suplemen tambahan untuk anak kita. Pada pergantian musim yang esktrim ini biasanya virus dan bakteri berkembang dengan pesat sehingga daya tahan tubuh harus lebih kuat, sehingga anak tidak akan mudah terserang penyakit. Berikan vitamin anak untuk menjaga daya tahan tubuhnya. Asupan makan dengan gizi yang seimbang juga perlu, jika anak mengalami susah makan maka bisa kita berikan suplemen penambah nafsu makan agar nafsu makan anak bertambah sehingga gizinya tercukupi.

Sumber : https://www.bistromd.com

Baju yang hangat dan bersih

Saat musim hujan tentunya akan banyak air yang menggenang dan tempat-tempat becek, selain menjaga kebersihan di rumah, kita juga wajib menjaga kebersihan pakaiannya ya Moms. Pada musim hujan biasanya jarang terdapat sinar matahari yang terang sehingga baju yang sudah kita cuci dan jemur terkadang tidak kering sempurna sehingga akan terasa dingin dan agak basah dan juga akan meninggalkan bau tidak sedap. Hal tersebut dapat mengganggu kesehatan anak, baju yang belum kering sepenuhnya akan membuat badan anak kedinginan dan terasa tidak nyaman. Maka sediakan baju yang hangat dan kering agar anak kita nyaman memakainya dan tidak mudah terserang penyakit karena kedinginan ya Moms.

Sumber : https://www.clean-organized-family-home.com

Payung dan mantel bagi mereka yang bersekolah

Saat musim hujan seperti ini, hujan turun hampir setiap hari dan kadang menyebabkan kendala saat akan bepergian keluar rumah, terutama saat anak akan pergi ke sekolah. Sebagai orang tua kita wajib menyiapkan payung dan mantel agar anak kita terhindar dari hujan yang bisa berakibat membuat mereka sakit jika daya tahan tubuhnya lemah. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti payung rusak atau jas hujan yang berlubang kita wajib mengeceknya setiap akan anak kita gunakan ya Moms. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan payung dan mantel yang anak kita gunakan ya Moms, terutama mantel. Cuci dan jemurlah atau angin-anginkan mantel setelah digunakan hingga kering kemudian baru dilipat dan disimpan untuk digunakan lagi. Pastikan anak-anak kita mempunyai lebih dari satu payung atau mantel ya Moms, agar saat mantel dijemur atau diangin-anginkan kita masih mempunyai mantel yang lainnya untuk dipakai.

Sumber :  https://creativeartworksblog.wordpress.com

Pergantian musim memang seringkali menjadi saat yang rentan terhadap penyakit ya Moms. Pastikan kita berikan perhatian ekstra untuk anak-anak kita agar mereka terhindar dari penyakit. Selalu berikan perlengkapan untuk menghadapi musim hujan kepada anak-anak kita. Lebih baik kita mencegah daripada harus mengobati, tidak mau kan anak-anak kita sakit karena perubahan musim yang esktrim ini. Mari jaga anak-anak kita agar mereka tetap sehat dan dapat tumbuh dengan baik.

 


 

Baca artikel-artikel menarik lainnya :

 

Sumber gambar :

Mau tambah penghasilan? Mau punya duid, kerja dari rumah? Yuk, gabung menjadi Reseller resmi Marbel Junior sekarang juga!


RESELLER

Mau tambah penghasilan? Mau punya duid, kerja dari rumah? Yuk, gabung menjadi Reseller resmi Marbel Junior sekarang juga!

Blog Terbaru

Tips Belanja Singkat Ala Emak