WASPADA! Berikut Gejala-Gejala Demam Berdarah Yang Tidak Boleh Diabaikan

Rabu, 17 Juli 2019

Blog WASPADA! Berikut Gejala-Gejala Demam Berdarah Yang Tidak Boleh Diabaikan Cover Image

Demam Berdarah menjadi seperti momok disaat musim hujan seperti ini. Daya tahan tubuh yang menurun dan banyaknya genangan air membuat nyamuk penyebab demam berdarah cepat berkembang biak disaat musim hujan. Kita haruslah lebih waspada terhadap tanda-tanda sakit yang ada ditubuh kita atau keluarga kita. Kenali gejala-gejala demam berdarah sejak awal, jangan sampai keluarga kita jadi korbannya. Berikut ini daftar gejala demam berdarah.

Demam tinggi secara mendadak

Gejala awal pada penyakit ini kadang susah dibedakan dengan penyakit lainnya. Gejala awal yang perlu diwaspadai adalah demam tinggi secara mendadak. Banyak orang tidak bisa membedakan antara demam biasa dengan demam gejala awal demam berdarah. Namun, apabila demam tersebut sampai mencapai angka 40 derajat celcius hal tersebut perlu diwaspadai karena bisa jadi itu adalah gejala awal dari demam berdarah. Jika demam sudah mencapai 40 derajat celcius segera bawa ke dokter untuk uji laboratorium. Lebih baik segera mencegah sebelum penyakit itu bertambah parah.

Sumber gambar : http://ykhoagiadinhhanoi.com/dau-hieu-va-cach-dieu-tri-benh-sot-virus-o-tre-nho/

Nyeri pada otot

Selain demam tinggi mendadak, gejala berikutnya adalah rasa nyeri pada otot dan persendian badan. Biasanya kondisi ini juga menyebabkan rasa menggigil dan berkeringat disekujur tubuh.

Sekit kepala dan lemas

Sakit kepala yang amat parah juga bisa menjadi indikasi terjadinya penyakit demam berdarah tersebut. Dengan kondisi demam tinggi serta nyeri pada otot dan disertai dengan sakit kepala yang parah biasanya akan menimbulkan kelelahan pada penderita demam berdarah. Jika kondisi ini terus dibiarkan bisa jadi penderita demam berdarah tersebut tidak akan bertahan lama.

Sumber gambar : http://www.ocpedsneuro.com/blog/2014/5/29/kids-get-headaches


Baca juga : Tips Mencegah Demam Berdarah


Mual, muntah, dan tidak nafsu makan

Gejala lain yang muncul adalah adanya rasa mual disertai dengan muntah. Gejala ini juga bisa dianggap sebagai gejala awal demam berdarah dengan melihat gejala-gejala yang lainnya. Mual dan muntah dapat membuat tubuh penderita menjadi lemas, serta nafsu makan yang menghilang menyebabkan daya tahan tubuhnya semakin lemah, segera bawa ke dokter agar segera mendapat pertolongan yang memadai.

Sumber gambar : https://www.masala.tv/tag/nausea/

Bintik atau ruam dikulit

Salah satu gejala yang dulu dianggap sebagai tanda-tanda utama terkena demam berdarah adalah munculnya bintik-bintik atau ruam merah dikulit. Bintik-bintik atau ruam dikulit ini timbul akibat kerusakan kapiler pembuluh darah sehingga menyebabkan darah merembes keluar dari pembuluh ke kulit dan menimbulkan bintik perdarahan tersebut. Hal tersebut yang membuat bintik atau ruam merah dikulit sebagai salah satu gejala awal dari penyakit demam berdarah. Sangat perlu diwaspadai jika Bunda atau keluarga Bunda mengalami muncul bintik-bintik atau ruam merah di kulit disertai dengan gejala-gejala diatas, maka segera bawa ke rumah sakit terdekat untuk menjalani pengobatan lebih lanjut.

Sumber gambar : https://www.todaysparent.com/family/family-health/youll-never-guess-what-the-germiest-kids-item-is/

Terjadi pendarahan

Gejala ini memang bukan merupakan gejala awal penyakit demam berdarah ini, namun juga perlu diwaspadai jika salah satu keluarga kita atau kita mengalami gejala ini. Jika terjadi pendarahan seperti mimisan, gusi berdarah, muntah darah, atau BAB berdarah dengan gejala-gejala lain seperti diatas bisa sangat memungkinkan bahwa itu merupakan penyakit demam berdarah. Jika hal ini tidak segera ditangani maka penderita akan segera masuk pada masa kritis demam berdarah dan hal terburuknya penderita tidak bisa diselamatkan.

Gejala awal pada penyakit demam berdarah mungkin tidak terlalu berbeda dengan gejala demam pada umumnya. Namun perlu kita waspadai jika kita atau anggota keluarga kita mempunyai gejala seperti yang disebutkan diatas. Secara teori fase kritis Demam Berdarah memang terjadi pada hari ke 4-5 dimana demam tidak ada namun penurunan trombosit terjadi cukup signifikan. Namun, ada baiknya kita segera membawa keluarga kita untuk segera berobat untuk mencegah penyakit ini semkain parah. Cek rutin kesehatan keluarga kita, bersihkan rumah kita setiap hari, tutup semua penampungan air, dan hindari tempat-tempat gelap dan lembab disekitar rumah. Jika bukan kita yang mencegah penyakit itu siapa lagi? Tidak mau kan keluarga kita terkena penyakit tersebut, Bunda.

Sumber gambar : https://www.verywellhealth.com/fever-checking-your-childs-temperature-2633579


Baca artikel menarik lainnya :

Sumber :

Sumber gambar :