Tips Mencegah Demam Berdarah

Rabu, 22 Mei 2019

Blog Tips Mencegah Demam Berdarah Cover Image

Bunda musim hujan telah tiba, saatnya kita harus ekstra waspada! Banyak penyakit yang muncul di kala hujan tiba. Daya tahan tubuh yang menurun, serta suhu udara yang semakin dingin membuat tubuh semakin lemah dan mudah terserang penyakit jika kita tidak berhati-hati. Selain dari suhu udara yang semakin dingin, pada musim hujan juga banyak sekali penyebaran virus melalui hewan seperti kecoa, tikus, nyamuk, dan hewan lainnya. Terutama penyebaran penyakit yang disebabkan dari gigitan nyamuk.

Penyakit yang sering datang kala musim hujan salah satunya disebabkan oleh nyamuk Aidesaigipty, kita sering menyebutnya penyakit Demam Berdarah. Nyamuk Aidesaigipty berbeda dari nyamuk Culex (nyamuk got), nyamuk Aidesaigipty biasanya berada ditempat yang bersih dan berkembang biak pada air yang bersih seperti air pada bak kamar mandi, air pot tanaman, genangan air di tempat terbuka, dan lain sebagainya. Nyamuk tersebut hidup berdampingan dengan manuasia dan menyukai bau manusia sehingga ia suka berada disekitar manusia seperti di kamar tidur atau dikolong tempat tidur. Karena keberadaannya yang dekat manusia tersebut membuat nyamuk tersebut lebih mudah untuk menularkan penyakit tersebut pada manusia terutama anak-anak. Nah berbahaya sekali kan nyamuk ini, untuk itu kita perlu untuk mencegah penyakit demam berdarah ini Bunda. Tidak mau kan anak kita terserang penyakit ini. Simak tips untuk mencegah demam berdarah berikut ini. Mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Sumber : https://mommyasia.id/2367

Lakukan gerakan 3M

Tentu sebagian orang sudah tahu apa itu gerakan 3M. Gerakan ini cukup terkenal saat sosialisasi Demam Berdarah. Gerakan yang terdiri dari Menutup, Menguras, Mengubur. Yang pertama Menutup, tutup semua tempat yang bisa menjadi sarang nyamuk Aidesaigipty seperti bak kamar mandi, botol-botol bekas yang terdapat air. Kedua Menguras, kuraslah bak mandi di rumah kalian agar jentik-jentik nyamuk tidak berkembang dan taburkan obat abate agar jentik nyamuk mati dan nyamuk tidak berkembang biak di tempat itu. Yang terakhir Mengubur, kubur semua barang-barang yang beresiko terkena air hujan dan menggenang sehingga dapat digunakan untuk berkembang biak nyamuk tersebut.


Baca juga : 7 OBAT ALAMI UNTUK SAKIT FLU, COCOK SAAT MUSIM HUJAN


Pakai lotion anti nyamuk

Pakailah lotion anti nyamuk atau obat naymuk untuk menangkal nyamuk mendekati kita. Namun sebagian orang kurang menyukai sensasi lotion anti nyamuk karena kadang terasa panas dan lengket. Begitu pula dengan obat nyamuk semprot ataupun bakar yang menimbulkan bau dan asap yang menyengat. Bunda bisa coba alternatif lain dengan menggunakan obat nyamuk electric yang dijual dipasaran atau Bunda bisa gunakan obat nyamuk alami dengan menggunakan daun sereh atau pasang lilin aroma sereh untuk menangkal nyamuk.

Pasang kelambu atau jaring nyamuk

Pasanglah kelambu atau jaring nyamuk di tempat tidur terutama tempat tidur si kecil. Kelambu atau jaring nyamuk dapat menghalangi nayamuk untuk mendekati kita saat tidur. Jika Bunda tidak menyukai lotion nyamuk yang mungkin lengket atau terasa panas, alternatif pilihan ini dapat membantu Bunda untuk mengurangi resiko keluarga terkena penyakit demam berdarah. Bersihkan kelambu minimal seminggu sekali agar tidak ada debu yang menempel di kelambu terebut yang dapat menyebabkan alergi si kecil.

Sumber : https://www.momjunction.com/

Lakukan fogging

Fogging merupakan salah satu cara yang cukup ampuh untuk membunuh nyamuk, namun sebagian orang tidak suka jika rumahnya di fogging karena jumlah asap yang ditimbulkan. Ada baiknya lakukanlah fogging minimal sebulan sekali di rumah Bunda untuk mengurangi jumlah nyamuk dan kecoa yang ada di rumah Bunda. Lakukan fogging hingga kedalam kamar, karena kamar merupakan salah satu tempat yang paling banyak digunakan untuk bersembunyi nyamuk. Setelah melakukan fogging bukalah semua jendela dan pintu agar asapnya cepat keluar dan tidak menimbulkan masalah pernafasan pada keluarga Bunda. Selain melakukan fogging, kita juga wajib menjaga kebersihan rumah, jangan biarkan barang-barang menumpuk di rumah dan biarkan pencahayaan dirumah merata agar nyamuk tidak bersembunyi disana.

Nah itu tadi beberapa tips untuk mencegah penyakit demam berdarah. Agar keluarga kita tidak terkena penyakit demam berdarah ini sebaiknya diperlukan kesadaran kit adan keluarga kita untuk menjaga lingkungan tempat tinggal kita agar selalu bersih dan terhindar dari nyamuk penyebab penyakit demam berdarah ini. Selalu jaga keluarga kita ya Bunda, mencegah lebih baik daripada mengobati. Yuk kita cegah penyakit ini jangan sampai anggota keluarga kita terkena penyakit ini.

Foto : Nyamuk Aidesaigipty

 


 

Baca artikel manarik lainnya :

Sumber gambar :